Rabu, 22 Mei 2019

Menstruasi Tidak Lancar Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur, adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi setiap 28-36 hari dan berlangsung sebanyak 11-13 kali dalam satu tahun. Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang.


Tipe Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak dan kadang sedikit, juga merupakan salah satu bentuk menstruasi tidak lancar.

Menstruasi yang tidak lancar biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama setelah memasuki Namun, jika menstruasi tidak lancar terjadi bukan di beberapa tahun pertama Anda mengalami menstruasi, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai menstruasi tidak teratur, yang dapat digolongkan ke dalam beberapa tipe berikut ini.

  • Polymenorrhe, adalah siklus menstruasi yang berlangsung kurang dari 21 hari.
  • Oligomenorrhea, adalah kondisi ketika siklus menstruasi jadi lebih panjang, atau tidak terjadi menstruasi lebih dari 35 hari, namun kurang dari 90 hari. 
  • Amenorrhea, adalah kondisi ketika tidak mengalami menstruasi dalam waktu 3 bulan berturut-turut.
  • Metrorrhagia, merupakan pendarahan menstruasi yang berlangsung lebih lama dan volume darah lebih banyak.



Apa yang Menyebabkan Menstruasi Tidak Lancar?


Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur, antara lain:

Menopause

Menjelang menopause, menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Ini karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.

Kehamilan

Jika menstruasi Anda terhenti atau terlambat, cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda hamil. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG.


Alat kontrasepsi
Menggunakan alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral) atau pil KB, memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi. Dapat juga terjadi keluarnya sedikit darah pada awal penggunaan pil KB, namun ini akan berhenti setelah beberapa bulan penggunaan.

Pola hidup sehari-hari
Jika Anda melakukan olahraga yang berlebihan atau berat badan Anda turun drastis, hal itu bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau obesitas. Tidak hanya perubahan berat badan, stres juga bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
(PCOS) adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang. Testosteron dapat meningkat melebihi batas normal, yang mana seharusnya pada wanita hanya terdapat sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit.

Masalah pada tiroid

Pada bagian leher Anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid Anda bermasalah, maka menstruasi Anda juga akan terpengaruh. Konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis endokrin. Dokter akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana kadar hormon tiroid dalam darah Anda.

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar


Pengobatan untuk menangani menstruasi tidak lancar perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur.

1. Tidur yang Cukup
Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan penyembuhan diri, regenerasi sel, dan produksi hormon. Kurang tidur dapat membuat kadar beberapa hormon dalam tubuh terganggu. Salah satunya adalah hormon estrogen dan progesteron yang sangat berperan dalam perubahan siklus menstruasi.

2. Kelola Stres
Tidak hanya hormon, stres juga dapat memengaruhi siklus menstruasi seseorang. Hal ini terjadi karena saat stres, hormon kortisol dalam tubuh menjadi tidak seimbang, dan akan memengaruhi hypothalamus, yaitu hormon yang mengatur periode menstruasi.

3. Jaga Pola Makan Sehat
You are what you eat. Apa yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh terhadap apa yang terjadi pada tubuh. Begitu pula dalam urusan siklus menstruasi. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan olahan, atau makanan yang mengandung bahan pemanis tambahan dan pengawet, dapat menjadi pemicu tidak lancarnya menstruasi seseorang.

Oleh karena itu, cobalah untuk mulai menjaga pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C sangat dianjurkan dan baik untuk memperlancar haid. Banyak mengonsumsi kacang-kacangan juga sangat dianjurkan, karena kacang mengandung banyak lemak baik dan asam lemak omega-3 yang juga dapat membantu melancarkan menstruasi.

4. Rutin Berolahraga
Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan yang dilakukan rutin setiap hari juga tak hanya akan membuat tubuh terasa lebih bugar, tapi juga dapat membuat menstruasi lebih lancar. Yoga merupakan jenis olahraga yang sangat dianjurkan, karena dapat membantu meredakan stres dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Beberapa gerakan yoga seperti standing pose triangle dan half-moon cukup baik dilakukan untuk merilekskan otot panggul.

5. Konsumsi Ramuan Alami Pelancar Haid
Jika sudah melakukan beberapa cara tadi tapi haid masih juga kurang lancar, kamu juga bisa mencoba beberapa ramuan alami berikut, yang telah dikenal mampu membantu melancarkan menstruasi. Resep Herbal Haid Gak Lancar


  • Jamu kunyit. Kunyit telah lama dikenal memiliki khasiat sebagai antiseptik dan antioksidan alami, yang ampuh untuk melawan berbagai penyakit, termasuk untuk memperlancar menstruasi. Cara membuatnya adalah rebus 2 rimpang kunyit dengan setengah sendok teh ketumbar, biji pala, dan segenggam daun srigading, dalam kurang lebih 1 liter air. Saring dan minum satu kali sehari.
  • Air rebusan daun pepaya. Meski rasanya sangat pahit, daun pepaya memiliki segudang manfaat dan kaya akan vitamin, lho. Ada vitamin A, B, C, D, dan E yang terkandung di dalamnya. Untuk membantu melancarkan haid, kamu bisa mencoba meminum air rebusan daun pepaya, yang telah dicampur dengan asam jawa dan sedikit garam. Ramuan ini juga ampuh untuk mengurangi nyeri haid, lho.
  • Air jahe. Rempah yang juga berfungsi menghangatkan tubuh ini juga digadang mampu melancarkan menstruasi. Jahe mengandung vitamin A, B2, B12, C, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Rebus jahe, saring dan campurkan dengan dua sendok makan madu, lalu minum setiap hari.


Jika cara-cara tadi belum juga ampuh untuk membuat menstruasimu lancar, jangan ragu untuk diskusikan hal ini dengan dokter ya, untuk mendeteksi dini jika ada permasalahan kesehatan yang mungkin dialami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top