Selasa, 22 Januari 2019

Ini Alasan Mama Menyusui Jangan Makan Pedas

Benarkah mama menyusui jangan makan pedas?

Jawabannya iya, Mama menyusui sebaiknya menghindari makan makanan pedas.  Tapi apakah makanan pedas akan membuat bayi diare, ini hanya mitos  belaka. Artinya, makanan pedas yang Mama konsumsi tidak berpengaruh  banyak pada kesehatan pencernaan si kecil.  Sebab, rasa pedas yang  timbul karena senyawa capsaicin pada cabai hanya akan berpengaruh pada  Mama. Senyawa capsaicin yang bisa saja terserap dalam ASI tidak akan  cukup kuat untuk membuat bayi Anda kepedasan.

 Hal ini disebabkan, ASI diproduksi dengan mengambil nutrisi dari  darah ibu bukan dari pencernaannya. Oleh sebab itu, jika bayi Anda  mengalami mencret setelah Anda mengonsumsi makanan pedas, itu  semata-mata bukan karena ASI Anda menjadi pedas karena makanan yang Anda  konsumsi. Melainkan, bayi Anda memiliki alergi atau sensitif pada rasa  pedas dari cabai.

Salah satu reaksi alergi terhadap jenis makanan ini ditandai dengan  adanya gangguan pencernaan. Pada bayi alergi atau sensitif, senyawa  capsaicin dari cabai ini dapat berpengaruh pada sistem pencernaannya. Jika bayi Anda mengalami tanda-tanda alergi pada rasa pedas,  sebaiknya Anda menghentikan konsumsi makanan pedas untuk sementara  waktu.

Mama Menyusui sebaiknya Hindari Makanan Pedas Mengapa?

Ini lebih kepada kesehatan pencernaan Mama sendiri. Beberapa  makanan pedas biasanya mengakibatkan ibu yang sedang menyusui alami  gangguan pencernaan seperti diare. Kondisi ini dapat mengakibatkan  kualitas dan produksi ASI menurun, hal ini terkait dengan gangguan  kesehatan ibu hamil bukan dikarenakan makanan pedas tersebut. Apalagi  saat diare, ibu juga akan kehilangan banyak cairan, stamina menurun, dan  lain-lain. Akibatnya, semua itu dapat mengganggu program ibu memberikan  ASI eksklusif pada si kecil.

Kandungan rasa pedas yang timbul  diakibatkan senyawa yang terkandung, yaitu capsaicin pada cabai yang  akan mengakibatkan perut si pengonsumsi  terasa panas, terbakar di  bagian lidah akan tetapi pada bayi capsaicin di dalam ASI  tidak akan  membuat lidah bayi merasakan panas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top