Kamis, 16 Januari 2020

Obat Batuk Herbal untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami batuk biasanya akan merasa lebih lelah dan sangat tidak nyaman. Hal ini dikarenakan batuk yang sedang menyerang akan mengganggu pola tidur ibu hamil sehingga akan menyebabkan ibu hamil kurang beristirahat.

Selain itu, ibu hamil yang tertular batuk juga akan kehilangan nafsu makan. Dia akan merasa mual dan merasa semua rasa makanan yang masuk ke dalam mulutnya hambar dan tidak enak. Akibatnya, ibu hamil akan semakin lemas dan tidak bertenaga. Selain itu, jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin jika ibu hamil mengalami malnutrisi karena kurang makan dan tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya.

Obat Batuk Herbal untuk Ibu Hamil

Sebaiknya ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami batuk saat masa kehamilan, terutama jika ibu hamil memang tidak memiliki riwayat penyakit berbahaya sebelumnya. Walaupun sangat mengganggu, seorang ibu hamil sangat rentan untuk mengalami batuk.

Padahal, jika ibu hamil mengalami sakit batuk, ibu hamil tidak bisa sembarangan minum obat yang dijual di toko obat atau apotek. Ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan ke dalam tubuhnya, terutama obat-obatan yang mengandung bahan kimia, karena bisa saja kandungan obat memberi efek buruk pada kandungan atau janin dalam kandungan.

Ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih obat-obatan yang masuk ke tubuhnya. Hal ini dikarenakan apapun yang dikonsumsi ibu hamil akan juga dikonsumsi oleh bayi di dalam kandungan.

Oleh karenanya, ibu hamil harus memastikan keamanan obat bagi perkembangan janin sebelum mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Sebagai jalan keluar, berikut ini beberapa Obat Batuk Herbal untuk Ibu Hamil yang alami dan aman untuk ibu hamil:

Campuran lemon atau jeruk nipis dengan madu

Lemon dan jeruk nipis sudah dikenal sejak dulu sebagai minuman alami untuk mengobati batuk. Lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi untuk memperkuat sistem imun tubuh serta melegakan tenggorokan batuk. (Baca juga: Vitamin C untuk Ibu Hamil)

Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk mencampur perasan lemon atau jeruk nipis dengan air hangat, lalu untuk membuatnya lebih lezat, tambahkan satu sendok teh madu sebagai pemanis alami. Tidak hanya itu, madu juga berfungsi untuk menambah imunitas dan sebagai obat alami bagi ibu hamil.

Teh jahe dengan madu

Jahe sangat dikenal sebagai rempah yang berkhasiat menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu, karena bersifat alami, jahe tidak memiliki dampak negatif bagi ibu hamil dan janin. Jahe juga berkhasiat untuk melegakan batuk berdahak. (Baca juga: Ibu Hamil Minum Air Teh  , Teh Bagi Ibu Hamil)

Anda bisa meencoba merebus jahe dengan air hingga mendidih untuk mendapatkan sari jahenya. Tunggu hingga hangat dan tambahkan madu sebagai pemanis alami. Minumlah teh jahe dengan madu itu selagi hangat untuk melegakan tenggorokan Anda yang gatal akibat batuk.

Ramuan jahe dan kencur

Hampir sama dengan ramuan sebelumnya yang berbahan dasar jahe, Anda juga bisa mencampur jahe dengan kencur sebagai obat batuk herbal untuk ibu hamil. Dua rempah ini sangat berkhasiat untuk mengatasi batuk yang Anda alami secara alami.

Anda bisa menggunakan dua ruas jahe dan empat ruas kencur, kupas, potong-potong dan rebus hingga airnya menyusut. Minum air rebusan ini dua hingga tiga kali sehari hingga batuk Anda mereda.

Ramuan jahe dan daun sirih

Jahe juga bisa dikombinasikan dengan saun sirih untuk dijadikan sebagai obat herbal untuk ibu hamil. Cobalah untuk merebus jahe dengan daun sirih hingga medidih, tunggu hingga hangat dan minumlah rebusan ini selagi hangat. Daun sirih yang bersifat sebagai antiseptik alami bersama jahe juga akan bisa membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan sekaligus menghangatkan tubuh.

Silahkan Masukkan Email Anda Untuk Mendownload Ebook
" 17++ Jurus Jitu Rahasia Cepat Hamil "





Silahkan cek email dan verifikasi segera

 Rahasia Cepat Hamil

Air rebusan daun kemangi

Daun kemangi yang memiliki aroma khas umumnya digunakan sebagai pendamping makanan bersambal sebagai penambah selera makan. Tapi ternyata, daun kemangi juga memiliki khasiat yang baik untuk ibu hamil yang menderita batuk. Anda bisa mencoba untu merebus daun kemangi lalu meminum airnya saat hangat. Rebusan daun kemangi ini sangat baik untuk mengatasi batuk yang tidak berdahak.

Jeruk nipis dan kecap

Campuran jeruk nipis dan kecap sebagai obat batuk herbal dan alami sudah menjadi resep turun temurun sejak nenek moyang. Caranya sangat mudah. Anda bisa memeras jeruk nipis di sendok makan lalu campur dengan sedikit kecap. Campur keduanya dan langsung minum. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam campuran ini untuk menambah kelezatan dan khasiatnya.

Rebusan sereh

Air rebusan sereh ternyata sangat berkhasiat dalam meredakan batuk dan sangat aman bagi ibu hamil. Bahkan menurut penelitian, rebusan sereh lebih berkhasiat sebagai pereda batuk dibandingkan rempah lainnya, seperti jeruk nipis dan jahe.

Air asam jawa

Air asam jawa juga sangat bagus untuk dijadikan obat batuk herbal untuk ibu hamil. Anda bisa menjadikan asam jawa sebagai wedang dengan merebusnya dan campur dengan sedikit gula jawa. Wedang asam jawa ini bisa mengencerkan dahak sehingga akan meringankan gejala batuk yang Anda alami. Namun, sebaiknya ibu hamil yang memiliki riwayat sakit magh berhati-hati jika ingin mengkonsumsi wedang asam jawa sebagai obat batuk herbal.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top